Searching...
Thursday, September 10, 2015

Pengertian Dan Jenis-Jenis Batuan

9:03 AM
Pengertian Batuan adalah kumpulan-kumpulan atau agregat dari mineral-mineral yang sudah dalam kedaan membeku/keras. Batuan adalah salah satu elemen kulit bumi yang menyediakan mineral-mineral anorganik melalui pelapukan yang selanjutnya menghasilkan tanah. Batuan mempunyai komposisi mineral, sifat-sifat fisik, dan umur yang beraneka ragam. Jarang sekali batuan yang terdiri dari satu mineral, namun umumnya merupakan gabungan dari dua mineral atau lebih. Mineral adalah suatu substansi anorganik yang mempunyai komposisi kimia dan struktur atom tertentu. Jumlah mineral banyak sekali macamnya ditambah dengan jenis-jenis kombinasinya.

1.Batuan dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

- Batuan Beku
- Batuan Sedimen
- Batuan Metarmorfik





A. Yang termasuk jenis batuan beku adalah batu apung .Batu tersebut berwarna ke abu-abuan, berpori-pori bergelembung, ringan terapung dalam air. Batu ini cara pembentukannya dari pendinginan cepat larva yang bergelembung-gelembung gas dan terjadi dipermukaan bumi.

Batuan breksi juga termasuk jenis batuan beku. Batu gabungan pecahan-pecahan yang berasal dari letusan gunung berapi, misalnya kaca dan kuarsa. Cara terbentuknya bahan-bahan tersebut terlempar tinggi ke udara dan bersatu.

Obsidian juga termasuk jenis batuan beku, Warnanya hitam, seperti kaca, tidak ada keristal-keristal. Cara pembentukanya dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat.

Granit juga termask jenis batuaan beku. Terdiri atas kristal-kristal kasar warna putih sampai abu-abu,kadang-kadang jingga. Cara pembentukannya dari pendinginan lambat lava dan batuan cair di dalam tanah.

Basalt juga tergolong jenis batuan beku. Terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hijau ke abu-abuan dan berlubang-lubang. Cara pembentukannya dari pendinginan cepat lava dan penguapan gas-gas membentuk lubang-lubang.



B. Batuan Sedimen terdiri dari:

Konglomerat yang berupa kerikil bulat, berbatu-batu dan berpasir yang merekat satu sama lainnya. Cara terbentuknya dari bahan-bahan lepas yang dimampatkan oleh tekanan sedimen dan diikat oleh semen alam.

Batu pasir, jelas terjadi dari butir-butir pasir kuning, merah. Cara terbentuknya dari pasir yang dimampatkan oleh tekanan sedimen dan oleh semen alam.

Batu serpih baunya seperti tanah liat. Batu ini agak lunak. Natu serpihterjadi dari butir-butir halus,warnanya hijau,merah,hitam,kuning,abu-abu. Cara pembentukannya dari lumpur yang teriakt oleh semen alam.

Batu Kapur. Batu ini agak lunak, warnannya  putih, merah ke abu-abua, membentuk gas karbondioksida kalo ditetesin asam. Cara terbentuknnya dari organismedari laut untuk membentuk bagian-bagian tubuhnya dari pengaruh air dan angin.




C,Batuan Metarmofik terdiri dari:

Batu pualam, campuran warna yang berbeda-beda dapat mempunyai pita-pita warna, kristal-kristanya sedang sampai kasar, bila ditetesin asam mengeluarkan bunyi mendesis. Terjadinya bila batu kapur kena tekanan dan suhu tinggi.

Batu sabak, berwarna abu-abu, kehijau-hijauan, hitam, merah dapat dibelah-belah menjadi lempengan-lempengan tipis, lebih keras dari batu serpih. Terjadi bila batu serpih kena suhu dan tekanan tinggi.

Kuarsa, sangat keras, warna putih, merah keabu-abuan, butir-butiranya tidak jelas, agak seperti kaca.Cara terbentuknya terjadinya bila batu pasir kena suhu dan tekanan tinggi.

* Didalam batu-batuan tertentu ditemukan pula bahan-bahan mineral dari berbagai jenis yang bercampur dengan batuan lainnya. Jika bahan batuan itu memiliki kadar logam yang jumlahnya banyak untuk dipisahkan maka batuan itu berubah menjadi sumber mineral(Biji Tambang), misalnya perak, emas, nikel,tambang, dan bouksit.


Diatas adalah Pengertian Dan Jenis-jenis Batuan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya maaf bila masih banyak kekurangannya ^_^


0 komentar:

Post a Comment