Searching...
Wednesday, December 24, 2014

Makanan Sehat Diabetes

2:05 PM
Kali ini saya akan menjelaskan tentang Makanan sehat untuk penyakit diabetes langsung saja ya..

Penanganan terhadap diabetes (juga dikenal dengan istilah Kencing Manis, Penyakit Gula, dan juga DM) mengharuskan penderitanya mengadopsi pola hidup sehat, dengan tujuan untuk mengontrol diabetes dan kadar gula darah, serta untuk mencegah komplikasi jangka panjang yang bisa disebabkan oleh diabetes.

Mengadopsi gaya hidup sehat termasuk mengatur pola makan (diet) yang tepat untuk diabetes. Jika seseorang didiagnosa memiliki diabetes, atau beresiko mengalami diabetes, bukan berarti segalanya telah berakhir. Sebagian besar penderita diabetes tetap hidup sehat dan normal dengan menjalankan pola hidup sehat secara reguler dan konsisten. Berita baiknya, banyak yang berhasil bahkan tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Bahkan orang yang tidak memiliki diabetes pun dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat.

Pola hidup sehat untuk penderita diabetes

Penanganan diabetes berfokus pada mengontrol kadar gula darah (glukosa). Hal tersebut dapat dijalankan dengan memperhatikan pola makan dan olahraga, serta merubah gaya hidup yang tidak mendukung program diabetes. Para ahli mengatakan bahwa penderita diabetes harus menjaga dan mengontrol berat badan, karena menurunkan berat badan sebanyak 5 – 10% akan menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi/nutrisi untuk membuat perencanaan yang tepat.Berikut ini ada daftar makanan sehat diabetes

1. Gandum

Gandum kaya akan serat,alasan inilah yang membuatnya masuk ke dalam kategori makanan sehat penderita diabetes,selai akan serat gandum juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang diperlukn oleh tubuh.Karbohidrat dalam konteks ini merupakan penghasil energi,namun bukankah karbohidrat dapat  meyebabkan peningkatan pada kadar gula darah?

Karbohidrat secara umumnya memang dapat menyebabkan lonjakan pada kadar gla darah.Namun itu hanya terjadi jika yang konsumsi adalah makanan kandungan karbohidrat sederhana.Konsumsi makanan yang mengandung karbonhidrat Kompleks seperti halnya gandum justru tidak akan menyebabkanlonjakan kadar gula darah. Konsumsi secara rutin bahkan dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula rendah dapat terjaga kestabilannya.

2. Oatmeal

Oatmeal juga kaya akan serat,protein dan karbohidrat .Namun seperti halnya kandungan karbonhidrat yang ada dalam gandum, karbonhidrat yang dimiliki oatmeal juga tidak menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah.Selain itu,perlu diketahui juga bahwa konsumsi oatmeal juga sangat dianjurkan meningkatkan makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.Apalagi dengan adanya fakta bahwa penderita kencing manis mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung,Jadi konsumsi oatmeal akan sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko tersebut selain menjaga kadar gula darahnya agar tetap stabil.

3. Beras Merah

Makanan lainnya yang juga mengandung serat adalah beras merah. Selain mengandung serat dalam jumlah yang cukup,beras merah juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga andatidak perlu khawatir akan kekurangan sumber penghasilan energi dengan tidak konsumsi nasi. Justru Konsumsi nasi untuk kasus penderita kencing manis perlu dikurangi karena dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah

4. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya klorofil yang berfungsi sebagai zat antioksidan bagi tubuh. Selain itu,sayuran hijau juga dikenal kaya akan lutein. Lutein ini yang fungsinya kerusakan mata.Hal ini karena umumnya penderita diabetes mengalami gangguan pada pengelihatannya, khususnya bagi mereka yang menderita diabetes menahun.Karenanya konsumsi sayuran hijau perlu ditambah untuk menjaga fungsi mata agar tetap baik.




5. Konsumsi Gula dan Pemanis Buatan

Penderita penyakit gula darah sedang mengalamai gangguan metabolik yanga disebabkan oleh gangguan produksi insulin atau gangguan fungsi insulin.Karenanya kadar gula darah penderita mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Guna menjaga kestabilan kadar gula darah atau dengan kata lain mengurangi terjadinya lonjakan kadar gula darah, penderita diabetes diharapan mengurangi konsumsi gula atau pemanis buatan lainnya, Sebagai pengganti gula, penggguna gula aren dapat menjadi solusi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

6. Konsumsi Buah

Konsumsi buah akan sangant baik bagi kesehatan karena buah mengandung semua nutrisi yang diperlukan tubuh, Namun bagi penderita diabetes demikian halnya.Hal ini karena terdapat beberapa jenis buah yang konsumsinya justru akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Hanya jenis buah tertentu saja yang dapat dikonsumsi oleh penderita, seperi hal mengkudu.

Mengkudu sendiri terkenal akan khasiatnya yang dapat menurunkan kadar gula darah.Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua mengkudu memiliki khasiat yang sama dalam hal menurunkan kadar gula rendah.Hanya mengkudu pilihan saja benar-benar mampu menjaga kestabilan kadar gula rendah penderita kencing manis.

Peneliti terakhir menemukan bahwa mengkudu pilihan ternyata dapat mengatasi dengan baik akar penyebab diabetes. Karena itulah kemudian mengkudu pilihan tersebut digunakan sebagai komposisi obat herbal diabetes. Obat herbal tersebut diberi label Tahitian Noni karena memang menggunakan buah mengkudu Tahiti yang merupakan mengkudu pilihan dengan berbagai khasiat bagi kesehatan.

secara klinis, Tahtian Noni bukan hanya sudah teruji khasiatnya, tetapi juga telah menunjukan angka kesembuhan yang sangat luar biasa terhadap penderita diabetes, yaitu sebesar 82%. Sebelumnya, dalam sebuah ujicoba jus buah mengkudu tersebut di ujicobakan pada 27000 pasien penderita  nrbagai jenispenyakit yang didalamnya juga termasuk penderita diabetes.Hasilnya menunjukan bahwa penyakit kencing manis yang ikut dalam ujicoba tersebut berhasil penyakitnya dengan baik. Bagaiman dengan anda?coba dan rasakan sendiri khasiatnya sekarang juga ya..


Demikiaanlah makanan sehat diabetes tersebut mohon maaf kalo masih banyak kekurangan dalam penulisan artikelnya, jangan lupa komen ya terimakasih ^_^



0 komentar:

Post a Comment