Searching...
Monday, April 28, 2014

Cara Agar Mendapatkan Nilai Ujian Bagus

12:44 PM
Kali ini saya akan membahas tentang cara agar mendapatkan nilai ujian bagus,bagaimana cara mendapatkan nilai ujian bagus..Mungkin diantara kamu ada yang udah belajar sampai pagi, tapi tetep aja otak seperti balon bocor. Sudah diisi, tetep aja hasilnya nol besar.
Jika kita bukan anak jenius, mungkin ada yang salah dengan cara belajar kita selama ini. Siapa yang nggak pintar harus jadi orang yang cerdik. Nyontek?? Gak lah.. masih banyak cara cerdik untuk mendongkrak nilai. Nggak jarang, semua bermula dari aktifitas belajar kita dirumah.




1. Banyak orang sukses menggunakan teknik visualisasi untuk mencapai sukses dalam belajar. Maksudnya, mereka membayangkan prestasi tertinggi yang bisa mereka raih. Kita pun bisa melakukannya. Caranya dengan menyepi dan rileks. Pejamkan mata dan bayangkan. Bayangkan nilai bagus tertulis dikertas ulangan dan rasakan kebahagiaan atas hasil yang kita capai itu.

2. Temukan gaya belajar kita. Jika kita tipe “melihat dan melakukan” maka menulis ulang catatan akan membuat kita mampu menyerap informasi dengan baik. Jika kita tipe “mendengar” belajar dengan membaca catatan atau mendengarkan kaset pelajaran akan lebih efektif.

3. Refreshing.Belajar juga butuh istirahat loh,supaya kita lebih fokus dan mempelajari materi lebih baik. Pikiran harus kita tenangkan dengan jalan-jalan, melihat akuarium, nonton film komedi atau tidur sejenak sebelum mulai belajar lagi. Tapi jangan sampai kebablasan.

4. Pastikan belajar di tempat yang tepat.Carilah tempat yang kira-kira “enjoy” buat belajar. Pastikan tempat itu tenang, berpenerangan cukup dan jauh dari gangguan Televisi.

5. Utamakan mengerjakan PR. Jika ada tugas/PR, Langsung kerjakan.Karena kalau ditunda, kita selalu tidak mempunyai cukup waktu untuk melanjutkan. Padahal, Tugas/PR bisa membantu nilai kita.

6. Tidur yang cukup sangat penting jika kita ingin pikiran kita tetap tajam. Daripada begadang.

7. Isilah perutmu. Sediakan waktu buat sarapan. Hidangan yang berprotein tinggi akan membantu daya konsentrasi kita.

8. Aktif dalam belajar. Catat apa yang diterangkan oleh guru/dosen. Biasanya akan keluar saat ulangan.

9. Alat tulis yang menarik. Beli alat tulis yang lucu-lucu, biar kita semangat belajar. Tandai kata kunci dengan stabilo, biar begitu melihatnya kita langsung inget dech.

10. Minum minuman yg membuat rileks. Gugup sebelum masuk kelas untuk ulangan?? Seruputlah susu, es, atau apa saja yang mengandung enzim untuk membuat tubuh menjadi rileks.
Selamat mencoba ya teman-teman

0 komentar:

Post a Comment