Searching...
Saturday, January 5, 2013

Sekolah Dasar

1:39 PM
Sekolah Dasar atau yang disingkat SD; Bahasa inggrisnya; Elementary School adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di indonesia . Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulay dari kelas 1 sampai kelas 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Saat ini murid kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional dahulu disebutnya Ebtansan yang mempengaruhi kelulusan siswa.
Lulusan sekolah dasar dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama atau sederajat.

Pelajar sekolah dasar umumnya berusia 12 tahun. Di indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni sekolah dasar atau sederajad. 6 tahun dan sekolah menengah pertama 3 tahun.

Sekolah dasar di selenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolahan sekolah dasar negeri atau SDN di indonesia yang sebelumnya berada dibawah Departemen Pendidikan Nasional kini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, sekolah dasar negeri merupakan unit teknis dinas pendidikan kabupaten/kota

Sejarah

Pada masa penjajahan Belanda, sekolah dasar menengah tingkat atas disebut sebagai Europeesche Lagere School atau ELS. Setelahnya, pada masa penjajahan jepang di sebut dengan sekolah Rakyat atau SR.

Setelah Indonesia merdeka, SR berubah menjadi Sekolah Dasar yang disingkat SD pada  tanggal 13 maret 1946.

Pengelolaan

Pendidikan dasar di indonesia pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu yang dikelolah oleh pemerintah biasanya disebut Sekolahan Dasar Negeri dan Madrasah Ibtidaiyah Negri sedang yang kedua dikelolah oleh masyarakat biasanya disebut Sekolahan Dasar Swasta dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SD dibawah lingkup Kemendikbud sedangkan MI dibawah lingkup Kemenag. Disamping itu ada pula sekolahan dasar di bawah lingkup Kemendikbud berciri khas agama dengan sebutan Sekolah Dasar Islam atau Sekolah Dasar Kristen,dan lain-lainnya 

0 komentar:

Post a Comment