Searching...
Saturday, November 24, 2012

PENGERTIAN,KEKURANGAN DAN KELEBIHAN OS SYMBIAN

12:13 PM
Pengertian symbian

dibawah ini adalah pengertian,kelebihan dan  kekurangan os symbian

SYMBIAN adalah sistem operasi yang tak bebas bergerak yang dikembangkan oleh Symbian Ltd yang dirancang untuk peralatan bergerak seperti mobile. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi MOBILE pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabelkernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam. serta struktur data) yang mengelola/memanggil Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi. Symbian OS sendiri bukanlah software yang sifatnya open source secara penuh karena meskipun terdapat ketersedian API dan dokumentasinya, yang banyak membantu pihak pengembang aplikasi untuk membuat software yang berjalan di atas sistem operasi ini, dipublikasi untuk umum namun tidak untuk kode source sendiri.


Kelebihan. Symbian terbilan OS yang paling laris pada tahun 2007 sampai 2010 kemarin karena memang belum ada yang menandinginya waktu itu. Symbian juga terbukti bisa tampil baik pada ponsel dan dirancang untuk multimedia, hampir semua aplikasi yang kompatibel bisa dipasang disana. Symbian adalah besutan dari nokia yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Symbian merupakan os yang dapat dimanipulasi semua yang ada didalamnya, atau istilah kerennya di modif atau modding, symbian dapat dibentuk atau gampangnya dirubah tampilannya sesuai selera namaun untuk ini memang butuh orang yang cukup berpengalaman untuk bisa memodif sampai sejauh itu. Symbian mampu bersaing dengan pesaing pesaing kelasnya, yaitu sony ericson, samsung dan lg.

Kekurangan. Pada saat beberapa tahun lalu mungkin symbian yang paling populer, namun tidak untuk saat ini, symbian merosot dengan adanya os baru besutan dari merek dagang yang lain, seperti iphone atau yang paling berat yaitu blackberry yang sudah sangat populer saat ini. Karena symbian isinya atau konfigursi systemnya hampir sama dengan komputer, symbian rentan terkena virus. Tentu saja virus ponsel, kadang juga virus dari komputer tapi biasanya tidak terlalu berbahaya sampai yang berbahaya sampai ponsel tidak bisa dihidupkan lagi. Symbian terbilang hampir tersisih saat ini karena mungkin mulai tahun 2013 nokia tidak mengeluarkan ponsel symbian lagi karena telah digantikan dengan windows mobile besutan nokia.

1 komentar: